Bangun keluarga Atasi Stunting

Putu Aryska Putri 13 Mei 2022 20:20:46 WITA

Jumat (13/5), berbagai unsur masyarakat di desa Anturan seperti Kader Posyandu balita dan lansia, ibu hamil, ibu menyusui, mengikuti Program kegiatan Pembinaan Banggakencana dari PKKBD / sub PKKBD dengan menyungsung Tema "Bangun Keluarga Atasi Stunting". Selain itu terdapat unsur dari Kepala Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana, Koordinator KB Kecamatan Buleleng, PLKB, Bidan Desa, BPD, dan juga Perbekel beserta perangkat Desa ikut dalam pembinaan tersebut. Desa Anturan merupakan desa yang bebas dari angka stunting. Hal tersebut disampaikan langsung oleh bidan desa Anturan selaku unsur yang menaungi langsung para balita di posyandu yang turun langsung ke lapangan untuk mendeteksi stunting sejak dini bersama para kader yang sudah dibentuk di desa Anturan . 

Perbekel Anturan, I Ketut Soka, S.Pd berkesempatan untuk membuka kegiatan Pembinaan ini. dalam sambutannya beliau menyambut dengan baik program Pembinaan Bangga kencana dengan Tema Membangun Keluarga Atasi Stunting yang ditujukan kepada masyarakat ini mengingat pentingnya menanamkan pengetauan sejak dini kepada masyarakat tentang apa itu stunting dan bagaimana cara kita bersama agar bisa mencegah adanya stunting terlebih khususnya di Desa Anturan ini.

Dalam hal ini kader KPM Desa Anturan mendapatkan kesempatan sebagai pemateri mengenai tema pembinaan yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara kegiatan . Dalam materinya disebutkan bahwa semua hal yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting dimulai dari sektor terkecil kehidupan yaitu dari keluarga. Dimana kita harus memerhatikan kesehatan remaja kita, kemudian ibu hamil, janin dalam kandungan atau disebut dengan 1000 HPK, setelah melahirkan dan seterusnya. Dengan tetap memerhatikan keperluan gizi yang diperlukan agar tercukupi seperti istilah menu 4bintang yaitu karbohidrat yang bisa didapatkan dari nasi, kentang kemudian protein nabati dari kacang kacangan, tempe, tahun, lalu protein hewani dari daging telur dan ikan, kemudan serat dari sayur dan buah buahan. Juga penting diperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitar, dikarenakan dengan baiknya pemerhatian terhadap hal-hal tersebut maka keluarga bisa membantu untuk mencegah stunting. Dimana program penanganan dan penurunan stunting sedang sangat gencar dilakukan oleh pemerintah. Demi mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Kegiatan ini ditutup dengan penyampaian tanggapan tanggapan dari Kabid Kependudukan dan keluarga berencana kabupaten Buleleng, koordinator KB kecamatan Buleleng dan juga Bidan Desa Anturan agar masyarakat yang diundang lebih paham menenganai pentingnya kita bersama bekerjasama untuk mencegah stunting.

 

 

Komentar atas Bangun keluarga Atasi Stunting

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Anturan

tampilkan dalam peta lebih besar