Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali Desa Anturan

KADEK WIRA HASTIKA 01 Maret 2021 15:39:22 WITA

 Sabtu (27/2), Desa Anturan melangsungkan Bulan Bahasa Bali dengan menyelenggarakan lomba Nyurat Aksara Bali yang diikuti oleh peserta tingkat SD se Desa Anturan dan juga lomba Ngewacen Aksara Bali ( Membaca Aksara Bali) yang diikuti oleh peserta tingkat SMP yang berada di wilayah Desa Anturan.

Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali Desa Anturan dihadiri oleh Perbekel Anturan beserta perangkat Desa, Kelian Desa Adat Anturan, Ketua PHDI Desa Anturan, Majelis Desa Adat Kecamatan Buleleng dan juga dihadiri oleh Perwakilan Kecamatan Buleleng dalam hal ini dihadiri oleh Staff Sosial dan Budaya Kantor Camat Buleleng yang dalam kesempatan ini membuka acara Bulan Bahasa Bali di Desa Anturan.

Bulan Bahasa Bali tahun 2021 menyungsung tema “Wana Kerthi Sabdaning Taru Mahottama”  yang artinya Bulan Bahasa Bli sebagai Altar Pemulihan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali tertaut jelajah pemaknaan hutan sebagai Prana Kehidupan yang mana hal ini dilaksanakan sesuai dengan Pergub Bali No. 80 Tahun 2018 tentang perlidungan dan penggunaan bahasa, aksara dan sastra bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali dengan tujuan untk melestarikan atau ngajegang Budaya Bali yang adi luhung diantaranya bahasa, Aksara dan Sastra Bali.

Perlombaan yang diselenggarakan pada Bulan Bahasa Bali Desa Anturan ini diikuti oleh 6 orang peserta Lomba Nyurat Aksara Bali tingkat SD, dan  4 orang Peserta Lomba Ngewacen Aksara Bali Tingkat SMP di wilayah Desa Anturan. Dalam perlombaan ini semua pihak yang dilibatkan tetap mematuhi protokol kesehaan 3 M, Mencuci Tangan dengan sabun di air mengalir, Memakai Masker, dan Menjaga jarak atau menjauhi kerumunan.

Ketut Artaya sta Sosbud Kecamat Buleleng dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kerjasama Desa Adat Anturan telah sukses dalam penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali Tahun 2021 di tingkat Desa. Perlombaan dalam Bulan Bahaa Bali memiliki tujuan untuk melesetarikan apa yang telah menjadi warisan leluhur di Bali yang dalam hal ini berbentuk Aksara, Bahasa, dan Sastra Bali.

Acara Bulan Bahasa Bali kali ini ditutup dengan pengumuman Juara Lomba.

Komentar atas Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali Desa Anturan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Anturan

tampilkan dalam peta lebih besar